Juara 3 dan Harapan 2 Olimpiade Akuntansi XII di STIE Indonesia

IMG_20150215_154225Pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 14-15 Februari 2015, Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, yang dikenal sebagai UKMJ Akuntansi STEI­ menyelenggarakan Olimpiade Akuntansi ke-XIII Se-Jabodetabek yang bertempat di Auditorium Kampus A Lt. 5 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan olimpiade ini bertemakan “Improve your skills for the future accounting .

Olimpiade ini ditujukan untuk SMK yang berada di Jakarta serta kota-kota penyangganya. Tujuan dari olimpiade ini agar mengajak dan membantu meningkatkan prestasi serta pengetahuan para pelajar Sekolah Menegah Kejuruan yang telah mereka dapat dibidang ilmu akuntansi dan ilmu ekonomi serta menguji pemahaman para peserta didik khususnya kelas 2 dan 3 mengenai perkembangan dalam bidang ilmu akuntansi dan ilmu ekonomi.

Olimpiade ini mengikutsertakan 40-an tim yang berasal dari sekolah : SMKN 20 Jakarta, SMKN 6 Jakarta, SMKN 25 Jakarta, SMKN 48 Jakarta, SMKN 16 Jakarta, SMK Budi Mulya, SMK Muhammadiyah 6, SMK Nurul Iman, SMK Bina Pangudi Luhur, SMK Budhaya 2 St. Agustinus, SMK Pembangunan dan masih banyak lagi.

SMKN 20 Jakarta mengirim 3 tim akuntansi,

Tim 1 :

  1. Anggita Eka Pratiwi
  2. Nindya Flaurina

Tim 2 :

  1. Winda Nurmalia
  2. Mardiyat Usman

Tim 3:

  1. Nawang Dyah Prameswari
  2. Kisnely Ayuningsih

Dalam kompetisi ini terdiri dari 4 babak yaitu babak penyisihan , babak siklus akuntansi, babak cerdas cermat dan babak debat.

 Sabtu, 14 Februari 2015.

Pada hari pertama olimpiade dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana, ketua himpunan mahasiswa, serta rektor dari kampus STEI Rawamangun. Pada hari ini terdapat 2 babak, diantaranya:

Babak Penyisihan :

Dalam babak ini ada 3 sesi yaitu

  • Sesi 1:

Soal Pilihan Ganda sebanyak 50 soal dalam waktu 60 menit. Benar +3 sedangkan jika salah -2 dan jika tidak dijawab tidak mendapat point.

  • Sesi 2:

Soal Benar Salah sebanyak 20 soal. Waktu 10 menit.

  • Sesi 3:

Essay sebanyak 10 soal. Waktu 10 menit.

 

  • Babak Siklus Akuntansi :

Pada babak ini diambil 24 peserta dimana masing-masing tim mengerjakan siklus akuntansi dari jurnal sampai dengan neraca saldo setelah penutupan dalam waktu 120 menit.

Setelah kedua babak ini selesai, bagi 11 tim yang lolos akan mengikuti teechnical meeting untuk persiapan babak-babak selanjutnya pada esok hari. Alhamdulillah pada titik ini, SMKN 20 Jakarta (tim 2 & 3) bisa lolos untuk hari berikutnya.

Minggu, 15 Februari 2015

Pada hari selanjutnya, yakni minggu terdapat dua babak terakhir. Diantaranya adalah

 

  • Babak Cerdas Cermat :

Babak final diikuti oleh 11 tim terbaik yang diperoleh dari nilai pada babak siklus akuntansi. Ada 3 sesi di babak cerdas cermat yaitu:

  • Sesi

Sesi ini terdiri dari 8 soal teori maupun hitungan dengan bobot soal 30 untuk soal 1-3, 50 untuk soal 4-6, dan 100 untuk soal 7-8. Jika tim salah menjawab, tidak ada pengurangan point. Namun soal akan hangus.

  • Sesi Lemparan

Sesi ini terdiri dari 4 paket soal hitungan maupun teori. Jika tim yang mendapat soal pertama menjawab benar maka point 100 sedangkan jika salah -50. Jika tim yang bersangkutan tidak bisa menjawab maka ia dikenakan point -50 dan dilemparkan kepada tim yang disebelahnya dengan point 50 jika benar dan -25 jika salah. Jika tim tersebut tidak bisa juga maka ia dikenakan point -25 dan akan dilempar kembali ke tim disebelahnya sampai habis. Jika sampai lemparan terakhir tidak ada yang menjawab maka soal dinyatakan hangus.

  • Sesi

Pada sesi ini, semua tim diwajibkan diwajibkan untuk menempatkan ¼ dari point yang telah diperolehnya setelah sebelumnya ditambah dengan 1500 point. Setelah itu masing-masing tim diberikan soal kasus yang sama. Jika tim yang menjawab benar, maka tim yang bersangkutan akan mendapatkan tambahan point dari point yang telah dipertaruhkan sebelumnya. Jika salah menjawab maka tim yang bersangkutan akan dikenakan pengurangan point sebesar yang dipertaruhkan.

 

 

  • Babak Debat:

Dibabak terakhir ini, ke 11 peserta diadu pemahamannya seputar isu-isu ekonomi yang berkembang hangat akhir-akhir ini. Diantaranya seputar

– Masyarakat Ekonomi Asia

– Jakarta Tertutup untuk Industri Berat

– Kenaikan Besaran Gaji bagi Pegawai Negeri Sipil

– Dana haji dan umroh

-dan masih banyak lagi.

 

Setelah melewati perjuangan panjang, akhirnya dalam olimpiade ini tim yang berhasil menjuarainya adalah :

 

  • Juara 1 =  SMKN 16 Jakarta
  • Juara 2 =  SMK Budiwarman
  • Juara 3 =  SMKN 20 Jakarta (tim 2)
  • Harapan 1 = SMKN 25 Jakarta
  • Harapan 2 =  SMKN 20 Jakarta (tim 3)

“Kami berharap agar ditahun berikutnya, EAC 20 bisa meningkatkan prestasi yang telah didapat pada Olimpiade Akuntansi ini. Minimal mempertahankan. Itu karena siapapun bisa meraih juara, namun yang paling berat adalah mempertahankan yang sudah dicapai”

 

_Sekian_

daftar prestasi tim EAC 20 https://eacduapuluh.wordpress.com/

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Juara 3 dan Harapan 2 Olimpiade Akuntansi XII di STIE Indonesia

  1. Ping balik: EAC 20 | Economic & Accounting Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s