SMKN 20 Juara 1 dan Juara 3 Lomba TAX IN HARMONY di UPN Jakarta

fsUniversitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta pada tanggal 21 sampai 22 Oktober 2014 menyelenggarakan perlombaan Tax In Harmony yang merupakan acara pertama yang di adakan oleh Tax Center UPNVJ dan bekerja sama dengan DJP (Direktorat Jendral Pajak) Jakarta Selatan. Tax In Harmony ini bertemakan “Mewujudkan generasi sadar pajak”, lomba ini terdiri dari empat perlombaan yang terdiri dari cerdas cermat tentang perpajakan, lomba menulis artikel tentang perpajakan, lomba desain dan lomba selfie dengan bertemakan pajak.

Untuk perlombaan cerdas cermat pajak SMKN 20 mengirimkan dua tim yaitu tim pertama yang beranggotakan Risma Yanti (XII Akuntansi 2), Septiani Rahayu (XII Akuntansi 2), dan Mardiyat Usman (XII Akuntansi 1), sedangkan tim 2 beranggotakan Sylvia Wulandari (XII Akuntansi 2), Mochamad Aldino (XII Akuntansi 2), dan Nawang Dyah P (XII Akuntansi 2). Dalam mengikuti perlombaan cerdas cermat ini tidak di pungut biaya pendaftaran sehingga terdapat persyaratan untuk setiap peserta mengirimkan satu artikel untuk perwakilan satu tim atau melakukan foto selfie yang bertemakan tentang pajak. Kami dari tim satu memilih persyaratan berupa mengirimkan arikel. Artikel ini di tulis oleh Septiani Rahayu dengan judul artikel “Penting ngga sih bayar pajak?”, sedangkan tim dua melakukan atau SPT sebagai persyaratan perlombaan. Setelah semua persyaratan kami pun segera mendaftarkan diri. Pada tanggal 21 Oktober 2014 dua tim dari SMKN 20 berangkat untuk lomba.

Pada awalnya, kami mengira peserta lombanya terdiri lebih dari 6 tim, namun setelah tiba di UPNVJ tim yang mengikuti perlombaan cerdas cermat kali ini terdiri dari 6 tim yang berasal dari 3 sekolah yaitu SMKN 20 Jakarta, SMA Widuri dan, SMK Lebak Bulus. Berikut ini adalah foto peserta dari 3 sekolah yang mengikuti lomba cerdas cermat pajak.

New Picture

Sebelum perlombaan di mulai ada tiga orang yang memberikan sambutan yaitu perwakilan dari DJP, Ketua Tax Center dan Ketua Pelaksana. Setelah diberikan sambutan-sambutan dari setiap orang, perlombaan pun dimulai. Dan berikut ini adalah foto sambutan yang di berikan oleh perwakilan DJP.

Pada tahap pertama setiap tim mengerjakan soal. Soal ini dikerjakan secara berkelompok karena soalnya terdiri dari 15 soal teori essay tentang pajak dan hanya diberikan wakatu 75 menit untuk mengerjakannya. Masing-masing tim bekerja sama dalam mengisi setiap jawaban. Setiap soal memiliki poin-poin yang berbeda mulai dari poin 15 sampai 50 poin tergantung bobot pertanyaannya. Semakin sulit soalnya, maka poin yang diberikan semakin besar begitu juga sebaliknya. Setelah selesai tahap pertama kami semua diberikan waktu untuk sholat dan makan siang. Setelah selesai sholat dan makan siang seluruh peserta kembali melanjutkan perlombaan. Pada tahap ke dua ini kami diberi 5 kasus mengenai permasalahan perpajakan yang sedang di alami Indonesia saat ini. Dari 5 kasus yang diberikan setiap tim diberikan kebebasan untuk memilih kasus. Setelah memilih satu kasus, kami diminta untuk melakukan analis dari permasalahan perpajakan dan memberikan solusi dari permasalahan yang ada. Pada tahap ke dua ini, kami semua diberikan waktu 45 menit untuk melakukan analisis masalah dan pemecahan masalahnya. Setelah selesai tahap ke dua, kami semua di minta untuk mengambil nomor urut untuk cerdas cermat. Cerdas cermat kali ini dibagi menjadi 3 kali. Untuk tim 1 terdiri dari SMKN 20 tim 2 yang terdiri dari Nawang, Aldino, dan Sylvia melwan sekolah dari SMA Widuri. Untuk kelompok ke dua terdiri dari tim SMA Widuri dan SMK Lebak Bulus dan kelompok ke tiga terdiri dari SMK Lebak Bulus melawan SMKN 20 Jakarta tim 1. Untuk kelompok 2 dan 3, kami harus keluar dan menunggu peserta pertama cerdas cermat. Kami dibawa jauh dari tempat cerdas cermat supaya tidak mengetahui isi atau soal yang akan ditanyakan saat cerdas cermat. Setelah kelompok 1 selesai selanjutnya cerdas cermat dilakukan oleh kelompok ke dua sampai masuk ke kelompok 3. Setelah selesai tahap ke tiga ini menandakan berakhirnya perlombaan dan untuk hari rabu tanggal 22 kami semua diminta datang untuk mengikuti kegiatan seminar perpajakan dan pengumuman perlombaan.Berikut ini adalah foto ketika kami ketika sedang melakukan lomba di tahap pertama yaitu mengerjakan 15 soal teori dalam 75 menit secara berkelompok.

sfs

Hari berikutnya kami kembali datang ke UPNVJ untuk mengikuti seminar dan pengumuman pemenang lomba. Seminar kali ini dibawakan bapak Tri Joko Suranto, isi seminar yang beliau bawakan menjelaskan mengenai perpajakan, permasalahan perpajakan, pentingnya pajak, peran pajak dalam pembangunan di Indonesia dan masih banyak lagi. Seminar ini bertujuan untuk membuat calon wajib pajak sadar akan pentingnya membayar pajak. Setelah seminar berakhir, kini saatnya untuk sesi tanya jawab. Untuk sesi tanya jawab, tiga orang peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai pajak yang sudah disampaikan bapak Tri Joko.

Dari seminar ini kami sadar bahwa membayar pajak itu adalah hal yang penting karena sumber pembangunan yang ada di Indonesia ini 70% berasal dari pajak. Setelah seminar dan sesi tanya jawab berakhir, maka tibalah pada acara yang ditunggu-tunggu kami semua yaitu pengumuman pemenang lomba. Pengumuman pemenang lomba yang pertama dibacakan adalah lomba cerdas cermat. Untuk lomba cerdas cermat juara 1 dimenangkan dari SMK 20 tim 1 yang beranggotakan Usman, Risma dan Septi. Sedangkan juara ke dua dimenangkan oleh SMA Widuri, dan juara ke tiga berhasil direbut oleh SMKN 20 tim 2 yang beranggotakan Aldino, Nawang, dan Sylvia. Berikut ini adalah foto para pemenang lomba cerdas cermat.

New Picture (1)Setelah pengumuman pemenang lomba cerdas cermat, selanjutnya pengumuman yang disebutkan adalah lomba desain, artikel dan selfie. Tanpa diduga, Septiani Rahayu berhasil memenagkan lomba penulisan artikel. Dia berhasil menjuarai peringkat ke 1. Untuk pemenang lomba ke dua dan ke tiga diraih oleh mahasiswi dari universitas yang berbeda. Berikut ini adalah foto para pemenang lomba penulisan artikel pajak.

dfad

Setelah semua perlombaan diumumkan pemenangnya. Kami semua berfoto bersama. Di bawah ini adalah foto dengan ketua Tax Center (Kiri), di sampingnya yaitu pengisi seminar Bapak Tri Joko dan di sisi kanan wakil dari DJP dan pemenang lomba cerdas cermat, disain, arikel dan selfie.

Kemenangan yang kami raih bukanlah faktor keberuntungan semata, namun ini adalah bukti dan hasil dari proses yang telah kami jalankan untuk mengikuti perlombaan ini demi meraih kesuksesan dan kemenangan. Semoga kemenangan yang telah kami raih di UPNVJ bisa terus dipertahankan dan tingkatkan oleh angkatan EAC berikutnya, dan untuk perlombaan berikutnya kami dari SMKN 20 Jakarta berharap bisa memenangkan setiap perlombaan. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang telah diberikan oleh orang tua, guru-guru dan teman-teman semua karena tanpa dukungan dan doa mereka kami tidak akan bisa seperti ini. berikut ini adalah foto pemenang lomba Tax In Harmonyfs

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke SMKN 20 Juara 1 dan Juara 3 Lomba TAX IN HARMONY di UPN Jakarta

  1. Ping balik: EAC 20 | Economics & Accounting Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s