Juara 1 lomba akuntansi di USNI

71595_10201318783912363_918863683_nSenin, 03 Februari 2014 adalah kali kedua kami bertandang ke kampus Universitas Satya Negara Indonesia untuk melatih skill dan hasil belajar akuntansi selama ini. Sebelumnya pada januari tahun lalu kami berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi tingkat SMA/SMK Se-Jabodetabek ini. Berbekal latihan, mental, serta do’a kami berani berada dalam 15 tim yang sama-sama memiliki target juara.

Kelima belas tim tersebut adalah

SMKN 20 Jakarta (2 tim)

SMKN 6 Jakarta (3 tim)

SMKN 18 Jakarta (2 tim)

SMKN 43 Jakarta (2 tim)

SMK Budi Mulya (2 tim)

SMK Triguna Utama (2 tim)

SMK An-Nurmaniyah

SMK Makarya 1

EAC 20 mendelegasikan 2 tim yang terdiri dari tim A (Antonia, Aulia, Haryanti) dan tim B (Wulandari, Sylvia, Aziz). Babak pertama yang harus kami tempuh adalah penyelesaian soal pilihan ganda sebanyak 50 butir dalam waktu 120 menit. Satu ruangan kompetisi hanya terdiri dari 3 tim berdasarkan penentuan panitia.

120 menit berlalu. Pengumuman 7 tim yang berhak melenggang ke babak selanjutnya dilakukan pukul sekitar pukul 13.30. Dengan perolehan 86 poin, tim B menjadi posisi pertama diantara 14 peserta lainnya. Disusul SMKN 18 Jakarta B, SMKN 20 tim A, SMKN 6 Jakarta C, SMKN 18 A, SMKN 6 A, serta SMK Budi Mulya Tangerang. Ini berarti kami masih akan melanjutkan perjuangan bersama-sama dalam 2 tim.

Babak selanjutnya dilanjutkan esok hari dengan soal siklus akuntansi mulai bukti transaksi sampai dengan laporan keuangan. Siklus tersebut harus dikerjakan dalam waktu 180 menit. Alhamdulillah dalam waktu 135menit tim A sudah selesai mengerjakan sementara tim B dalam waktu yang ditentukan. Pengumuman juga dilakukan setelah Ishoma untuk mengetahui 3 tim terbaik dari babak siklus yang berhak lanjut ke babak cerdas tepat di final esok hari.

Dan …….. ketiga tim tersebut adalah SMKN 6 Jakarta C, SMKN 20 Jakarta A, dan SMKN 18 Jakarta B. Puji syukur, perjuangan kami berlanjut sampai hari ketiga meski hanya dengan 1 tim tersisa.

Babak final dimulai pukul 09.45 dengan setiap tim membawa supporter guna merebut hadiah supporter terbaik sesuai yang disediakan panitia. Batas supporter kali ini adalah 20 orang. Dan EAC 20 mengirimkan persis 20 orang dengan mengutamakan anggota EAC junior guna mempelajari situasi dan strategi dari babak cepat tepat. Babak ini terbagi menjadi tiga tahap. Yakni babak cepat tepat teori, hitungan singkat, dan hitungan agak panjang.

Sejak awal babak teori, tim 20 sudah memimpin disusul dengan tim SMKN 6 dan SMKN 18. Berlanjut ke tahap hitungan, dimana apabila jawaban yang disebutkan benar maka perwakilan dari tim harus menjabarkan cara penyelesaian pada paan yang telah tersedia di hadapan para dewan juri. Keadaan ini terus bertahan hingga babak ketiga berakhir. SMKN 20 tetap memimpin dengan 130 poin. SMKN 6 dengan 55 poin, dan SMKN 18 dengan 15 poin.

Alhamdulillah.. Perjuangan kami selama 3 hari bertanding berbuah manis. Kami kembali untuk mengganti gelar juara 3 yang kami bawa tahun lalu menjadi juara 1 sekaligus supporter terbaik. Prestasi EAC http://eacduapuluh.wordpress.com/

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s