Juara 1 lomba ekonomi syariah di UGM

Bbm2vYjCQAACi_QNatinal Sharia Economics Championship (NaSEC) 2013, merupakan kompetisi bergengsi yang akan kami ikuti di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kompetisi ini diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa FEB yang menggeluti ekonomi syariah di organisasinya yang bernama SETY. Meski kompetisi ini bertemakan Syariah, di dalamnya tetap terdapat akuntansi dan ekonomi konvensional. Sebenarnya kompetisi ini lebih ditujukan ke jurusan Perbankan Syariah di SMKN 20 Jakarta. Proposi soal diketahui 70% syariah dan 30% konvensional, namun demikian hasil keputusan kepala jurusan beserta dewan guru mengharuskan kompetisi tersebut diikuti oleh 1 siswi Perbankan Syariah dan 2 siswi dari jurusan Akuntansi

Berangkat selasa sore, 26 November 2013 dengan penuh do’a dan dukungan dari orang tua, guru pembimbing, dan teman-teman, kami siap berkompetisi. Setiba di sana waktu subuh, kami langsung dijemput oleh panitia penyelenggara menuju ke penginapan. Kami merupakan peserta pertama yang sampai. Setelah menunaikan ibadah shalat subuh dan beristirahat sejenak, kami mencoba menghilangkan ketegangan dengan menikmati sebagian kecil dari panorama kota Yogyakarta menumpang becak. Ya, suasana yang sangat berbeda dengan kota Jakarta sejenak berhasil mengalihkan pikiran kami dari kompetisi yang akan dihadapi.

Sekitar pukul 16.00 technical meeting diselenggarakan. Hanya 2 orang perwakilan yang diperkenankan mengikuti TM tersebut. Lomba akan dilaksanakan esok hari, kami akan dijemput pukul 07.00 WIB. Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang diikuti oleh 35 peserta, antara lain :

MAN Insan Cendikia Jambi (3 tim)

MAN Insan Cendikia Tangerang

SMKN 1 Kendal

Dan dari berbagai wilayah lainnya seperti Makassar dan Yogyakarta sendiri.

Pada kesempatan kali ini, SMKN 20 hanya mendelegasikan 1 tim. Babak penyisihan pertama dimulai dengan mengerjakan soal secara individu. Soal pertama adalah pilihan ganda sebanyak 45 soal dengan waktu pengerjaan 45 menit berlaku pengurangan poin. Istirahat sebentar, kemudian dilanjutkan dengan soal essay 25 buah dan waktu pengerjaan 25 menit. Poin dari kedua jenis soal tadi diakumulasikan menjadi poin tim.

Hanya 11 tim terbaik yang berhak mengikuti babak semifinal. Dan Alhamdulillah, kami berkesempatan untuk mengikutinya. Babak semifinal juga terdiri dari 2 jenis soal. Pertama adalah siklus akuntansi secara estafet, dilanjutkan dengan soal menjodohkan dan benar-salah. Diantara kedua soal tersebut, terdapat pos bayangan yang bersifat optional. Kami memutuskan untuk tidak mengambil soal pos bayangan tersebut agar waktu yang tersedia dapat digunakan secara maksimal untuk pengerjaan soal ke 2. Poin yang diraih juga diakumulasikan untuk menentukan 3 tim terbaik yang berhak melaju ke babak final. Ketegangan dicapai. Pengumuman dilakukan setelah ishoma.

Dan dengan kehendak Allah SWT kami diberi kesempatan melaju ke babak final bersama MAN Insan Cendikia Jambi dan SMKN 1 Kendal. Babak final yang dilombakan adalah cerdas tepat. Dengan pertarungan yang sengit dan beberapa pengurangan poin yang kami terima, Puji syukur ke hadirat Allah SWT kami mendapat Juara 1. Disusul oleh MAN Insan Cendikia Jambi dan SMKN 1 Kendal pada peringkat kedua dan ketiga. Penyerahan trophy dilakukan pada acara puncak yakni Gala Dinner. Alhamdulillah.. kami tidak mengecewakan harapan orang-orang yang selalu mendukung dan mendo’akan kami. Prestasi eac http://eacduapuluh.wordpress.com/

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 Balasan ke Juara 1 lomba ekonomi syariah di UGM

  1. Pujo Cahyono berkata:

    wah, keren
    tingkatkan terus kreatifitasnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s