Pendidikan Karakter di Jalan

Kemarin sepulang mengajar ada kejadian pelajaran pendidikan karekter namun bukan dikelas tapi dijalan.

Cerita 1
jam 18.30 an ada sebuah mobil pick up tua yang mengangkut barang-barang rongsokan seperti kardus, plastik dan lainnya. Tepatnya di PDK Cirendeu depan pom bensin mobil tersebut mogok dimana jalan nya agak menanjak. Jam pulang kerja orang bilang maka secara otomatis jalan macet karena semuanya ingin buru-buru sampe tetapi anehnya baik kendaraan motor dan mobil tidak ada yang turun untuk ikut mendorong mobil tersebut untuk dipinggirkan. kejadian luar biasa datang ketika ada pengendara motor yang berboncengan langsung turun dan ikut mendorong mobil tersebut sampe ke pinggir. Bahkan terlihat kedua orang tersebut berusaha membantu menghidupkan mobil yang mogok tersebut. saat itu banyak pengendara mobil dan motor yang “tidak peduli” dengan keadaan tersebut.

Cerita 2
sekitar seminggu yang lalu adik saya mendapat kabar bahwa bos nya kehilangan uang di mobil ketika mau menolong orang yang kempes ban motornya tetapi malah dia hilang uang USS 5.000 dolar

ceritanya di jalan lebak bulus 1 bos tersebut menyetir mobil sendiri kemudian ketika di tempat yang cukup sepi ada motor yang menghalangi jalan mobilnya karena motor tersebut bocor bannya, orang tersebut melambaikan tangan minta tolong agar si bos turun membantu mendorong motor tersebut. Anehnya si bos mau aja turun membantu, mungkin niat menolong atau sudah dihipnotis, ketika dia turun dari mobil kemudian membantu motor tersebut dipinggirkan agar mobilnya bisa lewat ternyata si bos lupa mengunci mobilnya dan ada teman si pengendara motor yang masuk dan mengambil tas si bos yang isinya uang dan lain-lain.

Dari dua cerita tersebut kita kadang takut menolong sesuatu yang mungkin akan merugikan kita. Menolong di jalan raya termasuk dari pendidikan karakter bangsa yang mungkin sudah mulai kita tinggalkan.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s